Markus 10:14

Markus 10:14

Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.






SUBSCRIBE, LIKE & SHARE.

Kamis, 27 Juni 2013

Tokoh Alkitab -MATIUS-



Matius adalah orang Galilea yang lahir di Kapernaum dengan nama Lewi, artinya bersama-sama. Ayahnya bernama Alfeus, dan ibunya adalah Maria, yang bukan ibu Yesus. Keluarganya adalah pemeluk Yudaisme - agama Yahudi - yang taat dan fanatik. Dan merupakan orang-orang yang sangat nasionalis yang mempunyai pengabdian yang tinggi kepada Tuhan, serta mencintai keberadaan mereka sebagai orang Yahudi sejati. Walaupun mengecewakan orang tuanya, Matius bekerja sebagai pemungut cukai - bahkan menjadi kepala kantor pajak atau bea cukai - yang bekerja untuk pemerintah Romawi. Bekerja sebagai pemungut cukai sangat tidak sukai oleh orang Yahudi, sehingga disamakan dengan orang-orang berdosa.

Ketika Tuhan Yesus di Kapernaum dan dalam perjalanan menuju pantai, Ia melihat Lewi / Matius sedang berada di rumah pos pemeriksaan bea atau pajak cukai. Yesus berkata kepadanya, " Ikutlah Aku ! ", Lukas 5 :27, 28. Seketika itu juga, Matius meninggalkan pekerjaannya dan dosa penipuannya.
Setelah mengenal Tuhan Yesus, ia berganti nama menjadi Matius, - bentuk Yunani dari bahasa Ibrani, Mattai, artinya Pemberian / karunia dari Tuhan- Allah

Setelah Pentakosta
Matius melakukan pekerjaan pelayanan dan pekabaran Injil di Etiophia, Afrika. Matius menulis Injil yang khusus ditujukan kepada orang - orang Yahudi. Sebagai mantan kepala kantor pajak, Matius mempunyai kemampaun terbiasa dengan pekerjaan dan laporan yang mendetail dan sistimatis. Kemampuan tersebut ia gunakan dalam menulis ulang semua informasi tentang tentang Tuhan Yesus. Hasil karya tersebut, yang dikenal dalam Injil Matius. Roh Kudus memakai Matius sehingga ia mampu menulis kembali hampir semua catatan penting tentang Yesus - Kelahiran - Jumat Agung - Paskah- Pesan Terakhir sebelum Ia naik ke Surga, yang kemudian di kenal sebagai Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus ada dalam Injil Matius.


* Matius 9:9
Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.


* Markus 2:14
Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia.

Matius
~ Yunani: μαθθαιος - 'MATHTHAIOS;
~ Ibrani: מַתִּתְיָה - MATITYAH atau מַתִּתְיָהוּ - MATITYAHU
Artinya >>Pemberian / Karunia dari  TUHAN. 


Terjemahan PB bahasa Ibrani, Pesyita Aramaik dan HaBrit HaKhadasya menulis kata itu dengan מַתָּי - MATHAY. Kata itu dalam Perjanjian Lama terjemahan LAI tidak ditulis Matius melainkan Matica. Matius (Nama Yunani) Penulis Injil itu juga bernama לֵוִי - LEWI
(nama Ibrani, Markus 2:14, Lukas 5:27).

* 1 Tawarikh 9:31
LAI TB, Matica, salah seorang Lewi, anak sulung Salum, orang Korah itu, mendapat tugas tetap untuk mengolah roti.


Matius terdapat dalam semua daftar nama ke-12 rasul (Matius 10:3; Markus 3:18; Lukas 6:15; Kisah 1:13).

Dalam Mat 10:3 selanjutnya ia disebut 'pemungut cukai'. Dalam Matius 9:9 Yesus melihat dia 'duduk di rumah cukai' dan memanggil dia supaya mengikuti-Nya. Pada pasal-pasal sejajar dalam Markus dan Lukas, pemungut cukai yg dipanggil dari kantor cukai itu disebut juga Lewi, dan Markus menambahkan bahwa dia 'anak Alfeus'.
Buku Gospel of Peter juga menyebut Lewi, anak Alfeus, salah seorang murid Yesus. Sesudah itu Yesus makan bersama beberapa pemungut cukai dan orang berdosa.
Baik Matius 9:10 maupun Markus 2:15 tidak menjelaskan di rumah siapa jamuan makan itu diadakan. Tapi Lukas 5:29 menyatakan bahwa 'Lewi mengadakan suatu perjamuan besar untuk Dia di rumahnya'. Dari bukti inilah biasanya dianggap bahwa Matius sama dengan Lewi.

Pernyataan Papias bahwa Matius 'mengumpulkan perkataan-perkataan itu' (Synegrapsato to logic) dalam bahasa Ibrani, diterima oleh gereja kuno sebagai bukti bahwa penulis Injil yang biasa disebut 'tulisan Matius' ialah Matius. Kebanyakan ahli modern menganggap bahwa yang dimaksud oleh Papias ialah rampaian Matius, apakah itu ucapan-ucapan Tuhan Yesus atau ayat-ayat PL yang berkaitan dengan Mesias. Mungkin karena kemudian beberapa dari ucapan atau ayat itu telah melembaga dalam Injil, maka menjadi alasan untuk menyebut dokumen ini 'karangan Matius' sejak pertengahan abad kedua.


Rangkuman:
Ayah                              : Alfeus (Markus 2:14)
Disebut pertama           : Matius 9:9
Namanya disebut          : 8X
Kitab yang menyebut    : Matius, Lukas dan Kisah Para Rasul.
Pekerjaan                      : Pemungut cukai, sebelum jadi rasul.
Tempat kelahiran          : Mungkin di Kapernaum, di kota Galelia (Matius 9:1,9)
Tempat kematian          : Tradisi mengatakan, ia mati di Etiopia
Keadaan kematian        : Tradisi mengatakan, ia mati sebagai Martir.
Terakhir disebut            : Kisah Para Rasul 1:13
Fakta penting                 : Dia adalah penulis dari Injil Matius.


Kepustakaan:
Ensiklopedia Alkitab Masa Kini, Vol 2, Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 1004, p. 37.
1999 Smith's Revised Bible Dictionary




Tidak ada komentar:

Posting Komentar