Markus 10:14

Markus 10:14

Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.





Renungan Harian

Rabu, 10 Juli 2013

10 Perintah Tuhan



10 perintah Allah ditulis pada 2 BATU LOH


 ( Kel 20:1-17 )




~ BATU LOH YANG PERTAMA, berisi EMPAT FIRMAN 


   tentang hubungan manusia dengan Tuhan.

01) Jangan ada illah lain.
02) Jangan menyembah berhala.
03) Jangan menyebut nama Tuhan dengan sia-sia.
04) Ingat dan sucikan hari Sabat.

~ BATU LOH YANG KEDUA, berisi ENAM FIRMAN
   berisi tentang hubungan manusia dengan manusia.

05) Hormatilah ayahmu dan ibumu.
06) Jangan membunuh.
07) Jangan berzinah.
08) Jangan mencuri.
09) Jangan bersaksi dusta.
10) Jangan ingin memiliki kepunyaan sesamamu manusia.


Kita sekarang memang tidak hidup di bawah Hukum Taurat, tapi bukan berarti kita menghapus / tidak memakai PERJANJIAN LAMA.

Perjanjian Lama itu indah dan tetap harus kita pakai, bahkan 39 kitab, yang merupakan isi dari seluruh Alkitab itu bersumber dari KITAB KEJADIAN (Kitab yang pertama); Coba bayangkan bila tidak ada kitab Kejadian dan langsung pada Kitab Matius, KITA PASTI BINGUNG.!!


Walaupun kita sekarang hidup di dalam KASIH ANUGERAH-NYA, namun kita juga harus mempelajari isi Hukum Taurat.

~> Lebih muda langit dan bumi lenyap DARI PADA SATU TITIK DARI HUKUM TAURAT BATAL. ( Lukas 16:17.)

~> Jadi Hukum Taurat adalah PENUNTUN bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena Iman. ( Galatia 3:24 )


Bahkan Tuhan Yesus datang ke dunia ini, juga bukan untuk meniadakan Hukum Taurat, tapi menggenapinya dengan KASIH.

~> "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan Hukum Taurat atau kitab para nabi. AKU DATANG BUKAN UNTUK MENIADAKANNYA, MELAINKAN UNTUK MENGGENAPINYA. ( Matius 5:17 )

~> Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu KASIH ADALAH KEGENAPAN HUKUM TAURAT. (Roma 13:10 )


Tuhan Yesus datang untuk menggenapi Hukum Taurat, karena Hukum Taurat tidak membawa orang kepada kesempurnaan.

~> _ sebab Hukum Taurat sama sekali tidak membawa kesempurnaan - tetapi sekarang ditimbulkan pengharapan yang lebih baik, yang mendekatkan kita kepada Allah. // Ibr 7:19.

~> DI DALAM HUKUM TAURAT HANYA TERDAPAT BAYANGAN SAJA DARI KESELAMATAN YANG AKAN DATANG, DAN BUKAN HAKEKAT DARI KESELAMATAN ITU SENDIRI. Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus - menerus dipersembahkan, HUKUM TAURAT TIDAK MUNGKIN MENYEMPURNAKAN MEREKA YANG DATANG MENGAMBIL BAGIAN DI DALAMNYA. ( Ibr 10:1 )


Hukum Taurat itu tidak sempurna, karena bersifat PASIF.! Lalu di genapi oleh Yesus Kristus dengan KASIH-NYA, yang bersifat AKTIF.


Contoh:

Di dalam 10 perintah Allah, 8 dari 10 perintah-Nya adalah Jangan, Jangan dan Jangan (BERUPA LARANGAN).
ARTINYA: Kita menjalani hidup ini hanya dengan berdoa / menyembah Allah, bekerja, makan, minum dan tidur ( TANPA MELAKUKAN APA YANG BAIK DAN BENAR ) dan selama tidak melanggar 10 perintah-Nya, kita sudah dapat di benarkan. ~> PASIF ( hanya membangun kehidupan Rohaninya sendiri ).

Kasih sebagai kegenapan dari Hukum Taurat dan yang menyempurnakan Hukum Taurat. ~> AKTIF ( ditekankan untuk melakukan apa yang baik dan benar ); KASIH itu aktif / melakukan, maka dari itu kita selalu mengucapkan TERIMA KASIH kepada orang yang telah memberi sesuatu kepada kita. - "MENGAPA????" ~ karena kita telah menerima kasihnya.

Di dalam Hukum KASIH, kita tidak di benarkan, bila kita hanya memikirkan kehidupan Rohani kita sendiri.! Kita diharuskan untuk melayani orang-orang, memperhatikan kehidupan Rohani mereka dengan mengabarkan INJIL (berita keselamatan), agar mereka dapat beroleh keselamatan bersama-sama dengan kita.

Bila kita MELAKUKAN HUKUM TAURAT, maka kita tidak akan mendapatkan Pengampunan Dosa. ( Galatia 2:16 )


Namun bila kita MELAKUKAN KASIH, sebagai kegenapan dari Hukum Taurat dan yang menyempurnakan Hukum Taurat, maka kita akan mendapat PENGAMPUNAN DOSA.

~> Sebab itu Aku berkata kepadamu: DOSANYA YANG BANYAK ITU TELAH DIAMPUNI, SEBAB IA TELAH BANYAK BERBUAT KASIH. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat Kasih." ( Lukas 7:47 )

~> Tetapi yang terutama: Kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, SEBAB KASIH MENUTUPI BANYAK SEKALI DOSA. ( 1 Petrus 4:8 )


Halleluya...Tuhan Yesus Memberkati...